WORKSHOP TPPO [16-17 November 2011]


WORKSHOP
“PENTINGNYA PENGINTEGRASIAN GENDER DALAM PROGRAM PENDIDIKAN DAN PENCEGAHAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG”

Latar Belakang

Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan hal yang penting untuk diintegrasikan dalam berbagai bidang pembangunan, sesuai dengan Inpres No 9 tahun 200 yang ditindaklanjuti dengan Permendagri No 15 tahun 2008 tentang Pelaksanaan PUG di Daerah. Untuk mengeffektifkan dan mengefisiensikan implementasi PUG di tingkat kota/kabupaten maka perlu pembentukan suatu Pokja PUG lintas sektoral, ini merupakan kerjasama lintas OPD/ lintas bidang dalam mengimplementasikan gender dalam Tupoksi masing-masing. Bahkan, pembentukan Gender Focal Point di masing-masing OPD diharapkan ke depan dapat menjadi Pokja PUG sesuai TUPOKSI masing-masing, misalnya Pokja PUG Pendidikan untuk OPD Pendidikan.

Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), merupakan salah satu isue strategis di berbagai wilayah, termasuk provinsi Jawa Barat sebagai salah satu provinsi terbesar dalam penanganan kasus TPPO. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu mengintegrasikan PUG di dalamnya agar permasalahan TPPO tersebut dapat diatasi secara tepat sasaran dan dengan koordinasi beragam OPD. TPPO dewasa ini semakin marak terjadi, hal ini disebabkan berbagai faktor, diantaranya adalah karena semakin terorganisirnya para pelaku TPPO. Para pelaku ini melakukan berbagai cara dan berbagai modus operandi untuk dapat menjerat calon korban. Perempuan dan anak merupakan kelompok yang sangat rentan menjadi korban PTPPO.

Indonesia sendiri sebenarnya sudah mengesahkan UU no. 21 / 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Hal ini merupakan respon dari pemerintah mengenai semakin peliknya TPPO di Indonesia. Sebagai tindak lanjut implementasi UU tersebut, maka sangat dibutuhkan suatu Sub Gugus Tugas, yaitu gugus tugas untuk melakukan pencegahan dan penanganan TPPO di tingkat kota/kabupaten. Fokus dari pencegahan TPPO yang dilakukan adalah melalui jalur pendidikan. Untuk pencegahan TPPO, pendidikan nasional merupakan leading sektor.

Oleh karena itulah dibutuhkan Workshop untuk dapat merevitalisasi kegiatan apa saja yang dapat dilakukan untuk pengimplementasian PUG sesuai Tupoksi masing-masing, khususnya melalui isu strategis pencegahan potensi timbulnya TPPO. Workshop ini dilakukan dengan melibatkan OPD terkait di tiga wilayah strategis, yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor dan Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Tujuan

  1. Menjadi media berbagi informasi pengalaman pencegahan dan penanganan TPPO di tiga wilayah (Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor dan Kota Bogor)
  2. Menjadi media berbagi informasi potensi dan tantangan pengembangan pokja PUG dan pengimplementasian PUG di masing-masing OPD terkait isu strategis TPPO
  3. Memberikan penyadaran tentang Urgensi Pembentukan Pokja PUG dan Subgugus tugas TPPO
  4. Membangun kesepakatan antar Pokja PUG Pendidikan maupun Sub Gugus Tugas TPPO di masing-masing wilayah (Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor dan Kita Bogor) dalam mengkoordinasikan program kerja dan kegiatan sesuai tupoksi masing-masing.

Output

  1. Peningkatan pemahaman peserta tentang urgensi pencegahan TPPO dan penanganan TPPO melalui kerjasama lintas OPD
  2. Peningkatan pemahaman peserta tentang urgensi pengembangan pokja PUG dan pengimplementasian PUG di masing-masing OPD terkait isu strategis TPPO
  3. Adanya komitment bersama untuk pembentukan Sub Gugus Tugas TPPO
  4. Adanya komitment bersama untuk pembentukan Pokja PUG Bidang Pendidikan

Narasumber

  1. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  2. Direktur PAUDNI – Kemendiknas
  3. Instansi yang termasuk dalam gugus tugas TPPO di tiga Wilayah (Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor)
  4. P2TP2A di tiga wilayah (Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor)

Tempat dan Waktu

Workshop ini akan dilaksanakan pada :
Hari /Tanggal : Rabu-Kamis /16-17 November 2011
Waktu : 08.00- Selesai
Tempat : Hotel Amaris, Jl. Raya Padjajaran No. 25 Bogor

Kontak Person (Konfirmasi Kehadiran)

  1. Nisa Annisa (08128464430)
  2. Anne (08159768092)
This entry was posted in Agenda and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>