PKGA IPB Selenggarakan Seminar tentang Keluarga Berencana

Yayasan Rumah Kita Bersama (Rumah KitaB) telah mengadakan penelitian lapangan mengenai “Islam dan Hak-hak Reproduksi Perempuan: Pemetaan Pandangan dan Sikap atas Keluarga Berencana (KB)” di 6 kota, yaitu: Jakarta, Bogor, Cirebon, Yogyakarta, Solo dan Malang. Penelitian ini memetakan argumen kelompok Islam baik yang pro maupun kontra terhadap program KB.

Kondisi tersebut penting untuk diketahui oleh para pengambil kebijakan, tokoh agama, akademisi, aktivis perempuan dll. Rumah KitaB berharap semua pihak dapat bersama-sama memikirkan masa depan program KB dalam konteks kemaslahatan bagi umat manusia Indonesia di berbagai aspeknya: yaitu kemaslahatan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Oleh karena itu, Pusat Kajian Gender dan Anak IPB (PKGA IPB), bersama Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) dan Rumah KitaB bermaksud untuk menyelenggarakan seminar hasil penelitian tentang keluarga berencana.

TUJUAN

  1. Memaparkan dan mendiskusikan hasil penelitian “Islam dan Hak-Hak Reproduksi Perempuan: Pemetaan Pandangan dan Sikap atas Keluarga Berencana (KB)”di Bogor.
  2. Merumuskan desain sosialisasi mengenai KB dan hak kesehatan reproduksi perempuan yang responsif terhadap berbagai pandangan keagamaan bagi para pengambil kebijakan.

PENYELENGGARA DAN PESERTA

Pelaksanaan diskusi terbatas ini adalah Yayasan Rumah Kita Bersama (RK) bekerjasama dengan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB dan Pusat Kajian Gender dan Anak IPB.

Peserta acaraini adalah para pengambil kebijakan dari lingkungan BKKBN Kota/Kabupaten, Bappeda, kalangan akademisi, aktivis perempuan para peneliti di lingkungan perguruan tinggi di Bogor.

WAKTU DAN TEMPAT

Acara ini akan diselenggarakan pada:

  • Waktu : Rabu, 9 Januari 2013
  • Jam : 09.00 – 12. 00
  • Tempat : Kampus Baranang Siang Bogor IPB
This entry was posted in Agenda, Berita and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>