Dr.Titik Sumarti: Musrenbang Kurang Mengakomodir Kebutuhan Ibu dan Anak

Kebutuhan ibu dan anak dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota dan Kabupaten masih kurang terakomodir. Hal ini disampaikan oleh Dr. Titik Sumarti, dari  Divisi Program Studi Gender, Pusat Studi Pengembangan Pertanian Pedesaan (PSP3) Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor saat diskusi dengan wartawan di Kampus IPB Baranang Siang, Senin (7/3).

Menurut hasil penelitian Dr.Titik,  Musrenbang tahun 2010 Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, menunjukkan  program yang sensitif gender  yang didanai baru mencapai kisaran 10 persen.

Lebih lanjut ia menyampaikan hasil Musrenbang di Desa atau Kelurahan tidak menjamin sampai di Kecamatan. Begitu pun selanjutnya hasil Musrenbang Kecamatan tidak menjamin sampai di Kabupaten/Kota.

Peserta yang datang dalam Musrenbang  pun belum sepenuhnya memiliki kapasitas yang memadai untuk menyampaikan pendapat yang sensitif gender.

Selain itu peserta Musrenbang tidak menyuarakan kebutuhan  masyarakat secara  keseluruhan, karena masih terbatas pada elit desa, termasuk pada kelompok perempuan yang terbatas yakni kader PKK.

Menurut Titik , Panitia dan peserta Musrenbang seharusnya memiliki sensitifitas akan perbedaan kebutuhan laki-laki dan perempuan pada semua jenjang usia.

Panitia juga perlu memastikan bahwa undangan telah mencakup semua pihak, terutama perempuan atau lembaga perempuan. Tidak hanya pada mereka yang berasal dari elit desa yang terdaftar secara struktural.

Selain itu Dr.Titik menyarankan untuk dibuatnya surat edaran dari penentu kebijakan tentang keterlibatan perempuan dan laki-laki yang lebih adil dan setara sebagai panitia dan partisipan untuk memastikan keterlibatan perempuan dalam Musrenbang.

Sementara itu di tingkat Desa atau Kelurahan, Dr.Titik menyampaikan pola pikir dan cara pandang masyarakat harus diubah supaya orientasi pembangunan berdasarkan pada kebutuhan spesifik perempuan dan laki-laki.  (Dh)

This entry was posted in Berita and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>