Menteri PPPA Launching Website PSW LPPM IPB

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Linda Gumelar, meluncurkan Website Pusat Studi Wanita (PSW) IPB, Selasa (30/11) di Auditorium Toyib Hadiwijaya Kampus IPB Darmaga Bogor. Peluncuran atau soft launching ini menandai kesiapan Divisi Program Studi Wanita Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB untuk kembali menjadi pusat tersendiri.

“Hari ini kita mencatat sebuah momentum kembalinya Pusat Studi Wanita IPB ke kancah promosi kesetaraan gender. Saya tidak melihat hal ini sebagai sebuah revitalisasi, namun lebih sebagai akhir dari perenungan kembali peran PSW IPB untuk peran yang lebih besar di hari mendatang,” ujar Menteri yang didaulat sebagai keynote speaker pada acara “Seminar Peningkatan Kapasitas Gender dalam Pendidikan Tinggi” ini.

Sebelumnya, Ketua Divisi PSW PSP3 LPPM IPB, Dr. Titik Sumarti, mengatakan PSW LPPM IPB memiliki kesejarahan yang panjang dan penuh dinamika. Dimulai dari berdirinya pada tahun 1991, sebagai PSW yang pertama di Indonesia di bawah kepemimpinan (almh) Prof.Dr. Pudjiwati Sajogyo, hingga mengalami penataan pusat pada tahun 2005 dan menjadi Divisi PSW PSP3 LPPM IPB.

“Hari ini merupakan moment penting bagi Divisi Program Studi Wanita, Gender dan Pembangunan untuk dapat menjawab kebutuhan end users dalam menghadapi permasalahan pembangunan, termasuk masalah kualitas hidup perempuan dan anak, khususnya di pertanian pedesaaan. Sekaligus merupakan peluang besar untuk dapat berdiri kembali menjadi Pusat Studi Wanita LPPM IPB,” papar Dr. Titik.

Sementara itu acara seminar yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Prof.Dr. Yonny Koesmaryono ini menghadirkan dua orang pembicara, yakni Dr. Heru Kasidi, M.Sc., dan Prof.Dr. Aida Vitayala S. Hubeis. Masing-masing sebagai Asisten Deputi IPTEK Pengarusutamaan Gender (PUG) Bidang Ekonomi Kementerian PPPA RI, dan Guru Besar Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB.

Tampak hadir dalam kesempatan ini Kepala LPPM IPB Prof.Dr. Bambang Pramudya, para Guru Besar IPB, para Kepala Kantor dan Direktur di lingkungan IPB, para dosen dan mahasiswa IPB. Sementara peserta dari luar diantaranya Rektor Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, Rektor Universitas Pakuan (UNPAK) Bogor, Rektor Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Rektor Universitas Nusa Bangsa (UNB), dan beberapa PSW mitra PSW IPB di lingkungan Jabodetabek. (nm)

This entry was posted in Berita and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>