KAJIAN RELASI ORANGTUA DAN ANAK DALAM UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN KELUARGA DI PAPUA

KAJIAN RELASI ORANGTUA DAN ANAK DALAM UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN KELUARGA, STUDI KASUS BIAK NUMFOR, PAPUA

Kekerasan yang terjadi di dalam keluarga merupakan tanda rapuhnya ketahanan keluarga, karena anggota keluarga yang seharusnya mendapatkan perlindungan dalam keluarga justru menjadi korban. Kajian ini bertujuan untuk menggali pandangan subyektif anak laki-laki dan perempuan dan orangtua laki-laki dan perempuan tentang kekerasan, relasi orangtua-anak dan pola resiprositas yang membentuk kekerasan, dan harapan serta upaya perlindungan anak terhadap kekerasan.

 Penelitian dilakukan Kabupaten Biak Numfor. Kampung Sambawofuar Distrik Samofa , dipilih sebagai representasi daerah pegunungan,  dan Kampung Komboy Distrik Warsa untuk daerah pesisir. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dilakukan pada satu waktu pengumpulan data.  Subyek kasus sebanyak 41 orang, yang informasinya digalai melalui wawancara dan FGD.

Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam konteks kekinian sifat dan perilaku negatif Bapak dan Mama menguat dalam melakukan kekerasan. Hal ini berakar dari ketidaksetaraan relasi orangtua-anak dan gender, dan berlangsung dalam pola resiprositas (hubungan timbal balik) negatif dan menghasilkan reproduksi pesan kekerasan pada anak. Kekerasan fisik, psikis dan ekonomi (penelantaran) terjadi pada anak, lebih nampak pada kampung pantai, dan kekerasan ekonomi karena bias gender lebih kuat dialami pada anak perempuan. 

Penelitian ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pemberdayaan Permpuan dan Perlindungan Anak dan PKGA LPPM IPB. Tim peneliti adalah dari PKGA LPPM IPB yang terdiri dari Dr. Titik Sumarti sebagai ketua, dengan anggotaSriwulan Ferindian MS, Diana Berlianti MS, Hernaldi SKPM, Raden Ratmajaya, SE.

This entry was posted in Berita, Penelitian and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>