KAJIAN KEBIJAKAN PERLINDUNGAN ANAK PADA KELOMPOK MINORITAS DAN TERISOLASI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kajian ini mempunyai maksud untuk mendapatkan pemahaman tentang kelompok minoritas dan terisolasi dan sistem perlindungan anak yang ada.  Hasil kajian diharapkan dapat menjadi rujukan penyusunan kebijakan dalam upaya perlindungan anak dan peningkatan ketahanan keluarga, khususnya pada anak Suku Bajo secara khusus maupun anak pada kelompok minoritas dan terisolasi secara umum.

Tujuan penelitian untuk:

a. Menganalisis upaya-upaya yang yang telah dilakukan stakeholders terkait dalam mengembangkan sistem perlindungan anak pada kelompok minoritas dan terisolasi di Indonesia.

b. Menganalisis situasi anak dan sistem perlindungan anak Suku Bajo dengan:

i. Mengidentifikasi karakteristik dan pemenuhan hak anak pada Suku Bajo di komunitas laut dan pesisir.

ii. Mengidentifikasi karakteristik keluarga dan upaya yang sudah dilakukan dalam pemenuhan hak anak pada Suku Bajo di komunitas laut dan pesisir.

iii. Menganalisis sistem perlindungan anak secara formal (dilakukan stakeholders terkait: pemerintah, organisasi international, LSM lokal) pada Suku Bajo di komunitas laut dan pesisir yang telah ada.

iv. Menyusun video dokumenter tentang kehidupan anak Suku Bajo

c. Menyusun rekomendasi kebijakan tentang sistem perlindungan anak pada kelompok minoritas dan terisolasi di Indonesia.

This entry was posted in Berita, Kegiatan Pengabdian. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>