BUKU PROFIL GENDER DAN ANAK KOTA BOGOR 2016

Kegiatan Pembuatan Buku Profil Gender dan Anak Kota Bogor 2016 adalah merupakan Kerjasama antara Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Kota Bogor, dan Pusat Kajian Gender dan Anak, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor.  Landasan Kerjasama ini adalah MOU antara Walikota Pemerintah Kota Bogor, dan Rektor Institut Pertanian Bogor, yang ditindaklanjuti dengan SPK No. 04/SPK/P3A/2016 dari BPMKB Kota Bogor kepada PKGA LPPM IPB.  Profil ini berisi data-data sektoral berserta penjelasannya.  Format data yang dikumpulkan berpedoman kepada Permen PPPA No. 9 tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Data Gender dan Anak.

Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan sudah disadari pentingnya oleh pemerintah di beberapa daerah kabupaten/kota dan provinsi.  Setiap SKPD yang dalam tugasnya juga mencakup mengumpulkan data, menganalisisnya, serta memplubikasikan data untuk kepentingan evaluasi internal dan perencanaan kegiatan pembangunan berikutnya memiliki kebijakan masing-masing terkait formulasi data.  Ketika muncul kesadaran  untuk mengintegrasikan permasalahan gender dalam perencanaan pembangunan, sering ditemui ternyata formulasi data yang dimiliki tidak serta-merta dapat digunakan karena belum sejalan dengan kepentingan upaya pengarusutamaan gender.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, bahwasanya Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Bogor setiap tahun memprakarsai penyusun Profil Gender dan Anak Kota Bogor.  Kesulitan untuk mendapatkan data dan ketidak sesuaian format data pada setiap SKPD tidak menjadikan kami kecil hati untuk dapat mempersembahkan laporan ini.

This entry was posted in Agenda, Artikel, Berita, Penelitian and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>