FGD TERBATAS PENGUKURAN INDEKS KETIMPANGAN GENDER (IKG)

BPS Pusat dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tengah berupaya untuk melakukan pengukuran Indeks Ketimpangan Gender (IKG). Pengukuran IKG yang sudah direkomendasikan UNDP sejak tahun 2010, selama ini belum dapat dilakukan oleh Indonesia sehubungan dengan beberapa variable pengukuran masih belum tersdia datanya.

BPS beranggapan kelemahan data tersebut tidak bisa terus-menerus dijadikan alasan untuk tidak melakukan pengukuran. Oleh karena itu BPS dan KPPPA akan mencoba mengukur IKG dimana targetnya secara bertahap sampai tahun 2019, IKG dapat disempurnakan.

IPB dalam hal ini tenaga-tanaga ahli Pusat Kajian Gender dan Anak mendapat kepercayaan menjadi mitra BPS dan KPPPA sebagai salah satu lembaga yang diharapkan memberi masukan guna memperoleh proksi terhadap indikator yang data-data variablenya belum tersedia.  Bersama PKGA juga diundang tenaga ahli dari BPS Kota dan Kabupaten Bogor, Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten Bogor, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan KB Kota/Kabupaten Bogor. Pelaksanaan FGD ini dilakukan di delapan universitas di seluruh Indonesia. Target release pertama IKG adalah pada bulan Agustus 2017.

This entry was posted in Artikel, Berita, Kegiatan Pengabdian. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>