Profil Singkat

Pusat Kajian Gender dan Anak atau disingkat dengan nama PKGA, adalah sebuah pusat kajian bidang sosial yang berada di bawah koordinasi LPPM IPB. PKGA mendapat mandat berdasarkan SK Rektor IPB No. 146/I3/TO/2011 untuk melakukan kajian, pemberdayaan dan promosi dalam segala berbagai aspek pembanguan dalam hubungannya dengan relasi perempuan dan laki-laki sebagai unsur masyarakat yang tidak terpisahkan namun dalam realita sering menunjukkan ketimpangan dalam peran maupun akses dan perolehan manfaat pembangunan.

Fokus kajian terkait relasi perempuan dan laki-laki adalah dalam konteks kesatuan keluarga yang di dalamnya juga menyangkut seluruh anggota keluarga termasuk orang tua laki-laki, orang tua perempuan, anak-anak laki-laki, anak-anak perempuan, remaja laki-laki, remaja perempuan, orang dewasa laki-laki dan orang dewasa perempuan. Pengarusutamaan gender menjadi pokok bahasan penting dalam upaya mempromosikan setiap komponen keluarga baik laki-laki maupun perempuan di dalam kehidupan bermasyarakat dan di dalam pembangunan bangsa dan negara.

Secara struktural ada tiga divisi yang juga merupakan fokus kajian PKGA, yaitu Divisi Keluarga, Anak dan Kesejahteraan Sosial; Divisi Gizi, Pangan, dan Kesehatan ; dan Divisi Teknologi, Infrastruktur, Energi dan Lingkungan.  Selain itu ada satu Koordinator Bidang Kerjasama dan Pelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>