• Phone: +62-251-8356420
  • Email: pkga@apps.ipb.ac.id

Apasaja Hak Anak?

(PKGA – IPB University) Upaya memperbaiki kualitas hidup anak dengan memonitor pemenuhan hak anak baik dengan pendekatan welfare maupun well-being merupakan langkah global yang dilakukan oleh badan dunia serta institusi lain dengan jangkauan kerja global seperti Unicef dan UK Save The Children.

Pada sisi lain monitoring ini dapat dipandang sebagai suatu kegiatan untuk mengawal sampai sejauhmana komitmen negara yang telah meratifikasi Convention on The Rights of The Child (CRC) serta sekaligus untuk melihat keterlibatan masyarakat, khususnya orang tua.

Baca juga: Apa itu Ketidakadilan Gender?

Sebagai negara yang telah meratifikasi CRC, Indonesia perlu memastikan pemenuhan hak-hak anak di seluruh kabupaten dan kota serta provinsi di seluruh negeri. Banyaknya jenis data yang tersedia untuk menghitung indikator pada tingkat kabupaten/kota membatasi bidang pemenuhan hak anak yang dicakup dalam IKKA.

Upaya memenuhi hak anak merupakan komitmen negara, sebagaimana tercantum dalam Keputusan Presiden RI No. 36 Tahun 1990, tentang Pengesahan Convention on the Rights of the Child (Konvensi tentang Hak-Hak Anak), yang disepakati para pemimpin dunia pada tahun 1989. Dasar hukum bagi upaya pemenuhan hak anak telah diperbaharui (disempurnakan) dalam Undang-Undang (UU) No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Baca juga: Apa Definisi Gender?

Hak-hak anak menurut UU No. 35 Tahun 2014 meliputi hak untuk memperoleh: (1) kelangsungan hidup (survival), (2) perlindungan (protection), (3) tumbuh kembang (development), (4) partisipasi (participation); dan (5) identitas (identity). Hak memperoleh Akta Lahir (identitas) sangat penting bagi setiap anak Indonesia karena akta kelahiran menjadi salah satu prasyarat untuk memperoleh pendidikan dan layanan kesehatan.

Artikel ini bermanfaat, bagikan yuks...

PKGA atau Pusat Kajian Gender dan Anak merupakan lembaga penetian dan pengabdian yang berfokus pada isu gender dan anak. PKGA berada dibawah koordinasi LPPM IPB University.

1 Comment

Leave a Comment

Solve : *
26 − 17 =


Arsip Berita
Kategori
Instagram
This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Archives

Categories

Meta