• Phone: +62-251-8356420
  • Email: pkga@apps.ipb.ac.id

Bullying Anak Sebabkan Depresi, Stress dan Bunuh Diri

Pusat Kajian Gender dan Anak - IPB University > Anak > Bullying Anak Sebabkan Depresi, Stress dan Bunuh Diri

(PKGA – IPB University – 30/10/2020) – Sebanyak 41,1 persen pelajar Indonesia pernah mengalami perundungan atau bullying. Data ini berdasarkan yang dikeluarkan oleh Organisasi Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) pada tahun 2019.

Riset menunjukkan bullying atau perundungan menimbulkan depresi, stres, dan bahkan kecenderungan bunuh diri yang lebih tinggi pada anak muda. Sebagaimana hasil riset Muhammad Haekal yang ditulis pada portal The Conversation sebagai berikut:

Penelitian terbaru saya di Aceh, yang saat ini dalam proses penilaian (peer review) di jurnal internasional, menunjukkan perundungan yang dialami anak ketika kecil berdampak negatif terhadap kondisi psikis mereka – bahkan belasan tahun kemudian ketika menjadi mahasiswa.

Selain itu, studi tersebut juga mengindikasikan bahwa sebagian besar anak yang mengalami perundungan berasal dari kelompok agama, ras, atau etnis minoritas.

Institusi sekolah harus turut terlibat dalam pencegahan perudungan yang paling banyak terjadi di tingkat Sekolah Dasar (SD).

Haekal menegaskan bahwa dampak dari perundungan akan dibawa sampai dewasa, sebagaimana dalam kutipan berikut:

Temuan utamanya adalah trauma perundungan dari kecil akan terus dibawa hingga masa dewasa. Padahal, penelitian lain mengatakan pelajar di Indonesia sudah mulai mengalami perundungan sejak mereka berada di kelas empat SD.

Hampir seluruh responden dalam studi saya mengaku tidak memiliki ruang untuk menyelesaikan masalah perundungan yang mereka alami. Mereka tumbuh besar dengan memendam pesimisme, ketakutan, serta trauma karena takut bercerita dan khawatir disalahkan, baik oleh guru maupun orang tua.

Oleh karena itu, pemerintah dan multistakeholder harus bersama-sama menyusun kebijakan dan program untuk mengurangi kasus perundungan dan dampaknya.

Sumber: Di Aceh, trauma perundungan dari SD terbawa hingga dewasa

Artikel ini bermanfaat, bagikan yuks...

PKGA atau Pusat Kajian Gender dan Anak merupakan lembaga penetian dan pengabdian yang berfokus pada isu gender dan anak. PKGA berada dibawah koordinasi LPPM IPB University.

Leave a Comment

Solve : *
30 − 11 =


Arsip Berita
Kategori
Instagram
This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Archives

Categories

Meta