• Phone: +62-251-8356420
  • Email: pkga@apps.ipb.ac.id

Riset: Keterlibatan Perempuan pada Dana Desa Masih Rendah

Pusat Kajian Gender dan Anak - IPB University > Kesetaraan Gender > Riset: Keterlibatan Perempuan pada Dana Desa Masih Rendah

(PKGA – IPB University – 02/11/2020) Hasil riset yang dilakukan oleh Nubzatsania dan Mahmudi Siwi menunjukkan bahwa perempuan memiliki tingkat keterlibatan yang lebih rendah dibandingkan laki-laki terutama dalam tingkat akses dan partisipasi. Temuan tersebut menggambarkan bahwa keterlibatan dalam program Dana Desa belum menciptakan kesetaraan gender. Sementara, hasil studi lain menjelaskan bahwa semakin tinggi tingkat keterlibatan masyarakat (laki-laki dan perempuan), semakin tinggi tingkat keberhasilan program.

Riset dilakukan di Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupate Bogor yang merupakan contoh kesuksesan sebuah desa dalam menggunakan Dana Desa untuk mendayagunakan sumberdaya yang ada dalam rangka pembangunan desa. Desa ini mendapatkan penghargaan sebagai pengelola Dana Desa terbaik pada tahun 2017. Adapun desain riset ini sebagai berikut:

Tingkat keterlibatan laki-laki dan perempuan dalam program Dana Desa diukur untuk melihat tingkat kesetaraan gender dalam program Dana Desa. Apabila dalam program Dana Desa baik bagi laki- laki maupun perempuan memperoleh hak untuk mendapatkan tingkat akses, tingkat kontrol, tingkat partisipasi, dan tingkat manfaat secara setara maka dapat dikatakan program Dana Desa tersebut telah memperhatikan isu gender dan keterlibatan masyarakat di dalamnya telah mencapai kesetaraan gender.

Dan hasil riset tersebut sebagai berikut:

Secara keseluruhan, sebagian besar laki-laki memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi dalam program Dana Desa dengan persentase sebesar 50 persen, sedangkan sebagian besar perempuan memiliki tingkat keterlibatan yang rendah dalam program Dana Desa dengan persentase sebesar 40 persen. Hal ini dikarenakan laki-laki memiliki tingkat akses dan partisipasi yang lebih tinggi dibandingkan perempuan dalam program Dana Desa. Tingkat keterlibatan laki-laki yang lebih tinggi dibandingkan perempuan memiliki arti bahwa keterlibatan masyarakat dalam pembangunan fisik dari program Dana Desa pada tahun 2017 belum mencapai kesetaraan gender.

Artikel ini bermanfaat, bagikan yuks...

PKGA atau Pusat Kajian Gender dan Anak merupakan lembaga penetian dan pengabdian yang berfokus pada isu gender dan anak. PKGA berada dibawah koordinasi LPPM IPB University.

Leave a Comment

Solve : *
27 − 16 =


Arsip Berita
Kategori
Instagram
This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Archives

Categories

Meta